Langsung ke konten utama

Kemasan Aluminium Foil

KEMASAN ALUMINIUM FOIL

KEMASANFOIL.COM - Perkembangan industri makanan yang semakin pesat memudahkan manusia dalam mengakses pangan, terutama makanan dan minuman kemasan seperti biskuit, susu, es krim, kripik, serta minuman kemasan. Saat ini pada umumnya produsen menggunakan kemasan aluminium foil untuk mengemas makanan maupun minuman. Apakah perbedaan dari kedua kemasan tersebut? Kemudian apa kelebihan dan kekurangannya? Berikut penjelasannya.

kemasan aluminium foil

Apabila membahas tentang makanan siap saji yang tersedia di berbagai pusat perbelanjaan, tentunya tidak terlepas dari kemasan yang digunakan. Kemasan pangan adalah bahan yang digunakan untuk mewadahi dan/atau membungkus pangan, baik yang bersentuhan langsung dengan pangannya maupun tidak. Pemilihan kemasan ini perlu dipertimbangan dengan baik, karena penggunaan kemasan yang kurang tepat dengan jenis makanan yang akan dikemas akan menimbulkan interaksi antara keduanya.

1. Aluminium foil

Bahan kemasan aluminium dapat dibedakan menjadi dua yaitu yang kaku seperti pada kaleng dan bahan pengemas yang fleksibel seperti aluminium foil. Bahan pengemas dari aluminium bersifat impermeable (tidak dapat ditembus) oleh cahaya, gas, air, bau dan bahan pelarut yang tidak dimiliki oleh bahan pengemas fleksibel lainnya. Aluminium foil banyak digunakan untuk mengemas produk coklat, bahan bahan bakery, produk olahan susu, keripik dan lain-lain. penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aluminium foil pada masakan dapat meningkatkan asupan aluminium dalam makanan. Kelebihan asupan aluminium berpotensi meningkatkan risiko Neurological Toxicity. Dengan demikian,  tidak disarankan untuk menggunakan aluminium foil untuk memasak atau membungkus makanan yang masih panas. Walau begitu, untuk mengemas makanan masih diperbolehkan selama dilakukan dengan benar.

Kemasan aluminium yang paling sering digunakan adalah aluminium foil. Kemasan ini merupakan lembaran logam aluminium yang padat dan tipis dengan ketebalan <15 mm. Ketebalan aluminium foil ini akan menentukan sifat protektifnya terhadap oksigen. Aluminium foil yang kurang tebal akan mudah dilalui oleh oksigen sehingga makanan yang dikemas dengan kemasan ini mudah teroksidasi (berinteraksi dengan oksigen). Ukuran foil yang umumnya digunakan adalah 0.009 mm (untuk permen dan susu) dan 0.05 mm (untuk tutup botol multitrip).

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN KEMASAN ALUMUNIUM


Sebagai kemasan pangan, aluminium memiliki beberapa sifat yaitu hermetis, fleksibel, tidak tembus cahaya sehingga dapat digunakan untuk mengemas bahan-bahan yang berlemak dan bahan-bahan yang peka terhadap cahaya seperti margarin dan yogurt. Selain sebagai bahan pengemas utama, aluminium foil juga banyak digunakan sebagai bahan pelapis. Kemasan aluminium dapat digunakan untuk mengemas produk buah, sayur, daging, ikan, kerang, susu, dan minuman.


Bebrapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kemasan aluminium:

1. Produk buah

Perlu dilapisi enamel agar tidak terbentuk gelembung gas dan karat (akibat akumulasi hidrogen).
Perlu ditambahkan asam askorbat pada produk pangan (contohnya saus apel) untuk mencegah perubahan warna.

2. Produk daging

Dapat membentuk noda hitam apabila bereaksi dengan besi.
Dapat mencegah karat apabila aluminium di patrikan pada kaleng tin plate.
PH makanan seperti ikan sarden dalam minyak, saus tomat dan saus mustard pada kemasan aluminium berlapis enamel tidak boleh >3.0 karena produk akan mudah rusak.

3. Produk susu

Memerlukan lapisan pelindung tambahan.

4.  Minuman

Perlu ditambahkan pelapis (epoksivinil atau epoksi jernih untuk bir dan epoksivinil atau vinil organosol untuk minuman ringan atau minuman berkarbonasi). Pengemasan teh dengan aluminium yang tidak diberi pelapis dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna dan rasa.


Writer : Anisyah Citra, S.gz

Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Jual Kemasan Roll Aluminium Foil untuk Gula Semut

    Kemasan Roll berbahan dasar aluminium foil sudah bukan hal yang aneh lagi dipasaran. Banyak digunakan oleh para pelaku usaha gula semut dan sejenisnya. Alasan utama memilih kemasan aluminium foil ini karena tahan terhadap panas serta pancaran sinar matahari langsung. Selain mengemas produk gula semut, kemasan jenis ini juga bisa digunakan mengemas produk serbuk lainnya seperti kopi, bumbu-bumbuan, dan lainnya.


    Kemasan Roll aluminium foil diklaim mampu melindungi produk relatif lebih lama hingga 6 bulan sampai 12 bulan sehingga produk tidak cepat rusak. Maka tak heran jika para petani dan pengusaha gula semut memilih kemasan roll aluminium foil.
    Baca: Jual Kemasan Aluminium Foil Murah di Jawa
    Cara pengemasannya dibantu dengan mesin pengemas otomatis sehingga pengerjaan bisa lebih cepat dan bentuk sachet disesuaikan kebutuhan. Terdapat beberapa tipe kemasan sachet, diantaranya; three side seal, four side seal, center seal. Ketiga bentuk kemasan sachet ini merupakan hasil dari kemasan rol…

    Jual Kemasan Aluminium Foil di Bandung

    Menjual Kemasan Aluminium Foil di BandungSPECIAL!!!  WA: +62822-6232-1208  Jual  Kemasan Aluminium Foil   CV. KEMASAN JAYA GEMILANG

    Jika Anda sedang mencari toko kemasan paling murah di Bandung itu artinya selamat Anda sudah berada di situs yang tepat karena kami adalah penyedia jasa maklon kemanan UKM di Bandung dibawah naungan bendera CV. Kemasan Jaya Gemilang siap melayani kemutuhan kemasan Anda untuk berbagai produk makanan ringan/cemilan.
    Menjual Aneka Kemasan Ukm, Kemasan Ukm Murah, Alamat Kemasan Ukm, Agen Kemasan Ukm, Kemasan Ukm Bandung, Kemasan Botol Ukm, Kemasan Ukm Di Bandung, Harga Kemasan Ukm Bandung, Kemasan Ukm Cerdas, Cetak Kemasan Ukm Hubungi Kami:
    02287304128 (Call) 082262321208 (WA)
    Jangan sungkan untuk menanyakan tentang Packaging, Co-Packer, Produk Kemasan, Konsultasi tentang Desain Kemasan
    Ikuti Kami:
    https://www.facebook.com/pabrikkemasan https://www.instagram.com/kemasanretail
    Contoh Produk Kemasan Unggulan 
    Aluminium Foil
    Kemasan Aluminium Foil
    Jual Kemasan Alumin…

    Jual Kemasan Aluminium Foil Sachet untuk Kopi Bubuk

    Jual Kemasan Aluminium Foil Sachet untuk Kopi Bubuk
    Kemasan Aluminium Foil - Terdapat banyak sekali jenis dan model kemasan yang beredar dipasaran. Mulai dari bentuk sachet, sampai bentuk standing pouch (kemasan kantong berdiri) bahkan semakin banyak inovasi kemasan unik yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh pemilik produk. Begitupun dengan bahan atau material kemasan itu, ada plastik, nylon, paper craft, dan aluminium foil. Kali ini admin mau bahas sedikit tentang kemasan aluminium foil, yang mana bahan ini bisa dibilang tahan terhadap panas, perubahan cuaca, dan lebih praktis digunakan pengemas aneka produk. Lalu, kemasan seperti apa saja sih berbahan aluminium foil yang banyak beredar dipasaran?

    Kemasan Standing Pouch
    Model kemasan ini banyak digunakan untuk mengemasan produk seperti kopi, keripik, dan snack sejenisnya. Cocok bagi Anda yang memiliki usaha dibidang makanan ringan (cemilan) kekinian, dimana makanan itu sudah disentuh oleh tangan-tangan kreatif anak muda milenial.

    Kema…
    Hak Cipta © 2019 Kemasan Aluminium Foil - Diberdayakan oleh Blogger
    Optimize by Anwariz.Com